• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 22 April 2024

Parlemen

DPRD Surabaya Dorong Minimarket Tingkatkan Kepedulian Sosial ke Masyarakat

DPRD Surabaya Dorong Minimarket Tingkatkan Kepedulian Sosial ke Masyarakat
Sekretaris Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Surabaya, Budi Leksono (Buleks). (Foto: NOJ/A Toriq A)
Sekretaris Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Surabaya, Budi Leksono (Buleks). (Foto: NOJ/A Toriq A)

Surabaya, NU Online Jatim

Sekretaris Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Surabaya, Budi Leksono (Buleks) mengatakan, minimarket yang telah beroperasi di Kota Pahlawan dapat meningkatkan kepedulian sosial kepada warga sekitar melalui dana corporate social responsibility atau CSR.


Buleks mengatakan, kepedulian sosial itu bisa berbentuk beasiswa pendidikan, pembagian sembako atau pemberdayaan toko-toko kelontong agar menjadi toko modern.


"Tanggung jawab kita mengingatkan agar minimarket ini meningkatkan jiwa sosialnya," ujarnya, Jum’at (22/9/2023).


Ia menjelaskan, minimarket yang beroperasi di Kota Surabaya sudah difasilitasi regulasi dengan baik. Sehingga mereka mendapatkan keuntungan.


Namun, Buleks nilai kondisi itu tidak berbanding lurus dengan tanggung jawab sosial lingkungan perusahaan. Pasalnya, berdasarkan catatan bagian hukum dan kerja sama pemkot, pelaksanaan CSR minimarket sangat rendah.


"Ini menunjukkan kepedulian masih dirasa kurang," jelasnya.


Maka dari itu, sebagai komisi yang membahas dan mengesahkan perda tanggung jawab sosial lingkungan perusahaan, pihaknya mengingatkan kepada pihak minimarket agar meningkatkan kepedulian sosialnya.


"Minggu depan kami panggil minimarket ini untuk mempertanyakan kenapa pelaksanaan CSR itu sangat rendah di Surabaya,” paparnya.


"Jangan hanya mau cari keuntungan semata, tetapi kewajiban untuk pemberdayaan dan jiwa sosial lingkungannya itu rendah," tambahnya.


Parlemen Terbaru