• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Parlemen

Solusi dari Hikmah Bafaqih agar Warga Terhindar Hepatitis Akut

Solusi dari Hikmah Bafaqih agar Warga Terhindar Hepatitis Akut
Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim, Hikmah Bafaqih. (Foto: NOJ/Dwq)
Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim, Hikmah Bafaqih. (Foto: NOJ/Dwq)

Surabaya, NU Online Jatim
Seiring dengan kewaspadaan terhadap hepatitis akut, Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim, Hikmah Bafaqih menggarapkan supaya masyarakat tetap menjaga kesehatan dan imunitas tubuh.


“Salah satunya juga bisa dengan Germas atau gerakan masyarakat sehat diperkuat. Saya rasa sama dengan apa yang disampaikan gubernur,” kata Hikmah, Jumat (06/05/2022).


Selain itu, politis Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini meminta jaringan rumah sakit sampai ke bawah untuk siaga dalam melakukan tracing dan layanan kesehatan. Hal ini sebagai antisipasi jika memang ada masyarakat yang bergejala serupa dengan gejala yang ditimbulkan dari hepatitis akut.


Dia juga menandaskan bahwa saat ini Pemprov Jatim kini tengah mewaspadai kejadian kasus Hepatitis Akut yang belum diketahui etiologinya atau penyebabnya. Kementerian Kesehatan juga sudah mengeluarkan surat edaran nomor HK.02.02/C/2515/2022 tentang Kewaspadaan terhadap Penemuan Kasus Hepatitis Akut yang belum  Diketahui Etiologinya (Acute Hepatitis Of Unknown Aetiology) tertanggal 27 April 2022 lalu.


Sebelumnya, Badan Kesehatan Dunia (WHO) secara resmi mempublikasikan tentang KLB Hepatitis jenis ini pada 15 April 2022. Publikasi dimuat setelah Inggris Raya melaporkan adanya peningkatan kasus signifikan pada pasien hepatitis di mana tak ditemukannya virus A-E dalam penelitian laboratorium.


Barulah kemudian pada akhir April, kasus Hepatitis Akut yang tidak diketahui penyebabnya ini menyerang Indonesia. Tercatat, ada tiga pasien anak yang meninggal dunia saat menjalani perawatan di RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo, Jakarta.
 


Editor:

Parlemen Terbaru