Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Badan Usaha IPNU di Sumenep Kantongi Aset Jutaan Rupiah

Badan Usaha IPNU di Sumenep Kantongi Aset Jutaan Rupiah
Pengurus PR IPNU Andulang Gapura, Sumenep, saat silaturahim dengan Kepala Desa setempat. (Foto: NOJ/Habib).
Pengurus PR IPNU Andulang Gapura, Sumenep, saat silaturahim dengan Kepala Desa setempat. (Foto: NOJ/Habib).

Sumenep, NU Online Jatim

Upaya untuk membangun kemandirian ekonomi terus digalakkan oleh pelajar Nahdlatul Ulama (NU) di Sumenep. Ikhtiar ini tidak hanya dilakukan oleh Pimpinan Cabang (PC), tapi juga Pimpinan Ranting (PR). Seperti yang dilakukan oleh PR Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Desa Andulang Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep.

 

Geliat pengembangan perekonomian terus digalakkan, yang diformulasikan melalui Badan Usaha Milik IPNU (BUMI). Mulai dari sektor pertanian, peternakan, perdagangan, hingga koperasi simpan pinjam dan pembiayaan.

 

Abd. Rahman, Ketua PR IPNU Desa Andulang menuturkan, bahwa BUMI memulai usahanya dari sektor peternakan, yakni dengan memelihara dua ekor ayam. Usaha tersebut membuahkan hasil, hingga dalam waktu dekat mampu membeli satu ekor kambing.

 

“Bahkan, saat ini kami telah berhasil menambah satu ekor sapi. Rencananya sapi tersebut akan diserahkan kepada seorang warga untuk dipelihara,” ujarnya dilansir pcnusumenep.or.id, Senin (24/05/2021).

 

Pihaknya mengaku, bahwa inisiasi untuk mengembangkan usaha di bidang peternakan ini muncul dari Almarhum Kiai Mohammad Hasyim Kartawi, yang saat itu menjabat sebagai Ketua Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Desa Andulang.

 

“Hal tersebut memberikan dampak yang luar biasa bagi kami. Selain itu, juga memberikan pelajaran bagi kami tentang bagaimana berwirausaha yang baik,” imbuh Mamang, sapaan akrabnya.

 

Tidak hanya itu, BUMI yang dikelola Mamang bersama pengurus lainnya juga bergerak di sektor pertanian. Bahkan, mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Desa Andulang, yang memberinya dua petak sawah untuk digarap.

 

“Direncanakan, dua petak sawah tersebut akan ditanami Kacang Hijau. Ketika nanti panen dan membuahkan hasil, maka akan dikembangkan lagi untuk usaha-usaha yang lain,” jelasnya.

 

Sementara di bidang pengelolaan keuangan, dirinya menyebut BUMI memiliki koperasi simpan pinjam dan pembiayaan berbasis syariah. Saat ini menerapkan dua jenis tabungan, yaitu tabungan anggota dan tabungan pelajar.

 

“Tabungan pelajar tersebut diperuntukkan bagi internal IPNU yang saat ini sudah ada sekitar 90 nasabah. Sementara tabungan anggota diperuntukkan kepada masyarakat umum,” ungkap Mamang.

 

Roby Riyadi, Sekretaris PR IPNU Desa Andulang menuturkan, untuk menunjang hal tersebut, pihaknya telah melakukan proses pengajuan badan hukum. Menurutnya, saat ini sedang proses penyusunan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART), sebagai salah satu persyaratan pengajuan tersebut.

 

“Saya percaya dan optimis, jika semangat rekan-rekan terus dipupuk dengan baik, maka BUMI akan maju dan mampu menuai manfaat untuk semua,” pungkasnya.


Editor:
F1 Bank Jatim