Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

Baru Terbentuk, Pagar Nusa di Jember Siap Kawal Kiai dan NKRI

Baru Terbentuk, Pagar Nusa di Jember Siap Kawal Kiai dan NKRI
Kepengurusan Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa di Jelbuk, Jember. (Foto: NOJ/ Mohammad Haris)
Kepengurusan Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa di Jelbuk, Jember. (Foto: NOJ/ Mohammad Haris)

Jember, NU Online Jatim

Kepengurusan Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa (PN) di kawasan Jelbuk, Jember resmi terbentuk, Sabtu (23/01/2021). Dengan demikian diharapkan dapat memberikan manfaat.

 

“Adanya PSNU Pagar Nusa ini semoga memberikan manfaat bagi NU serta agama, nusa dan bangsa,” kata Affandra.

 

Ketua terpilih PAC Pagar Nusa Jelbuk tersebut menjelaskan nantinya siap menjadi benteng NU serta mengawal kiai dan NKRI.

 

“Di sini kami berkomitmen untuk meneruskan perjuangan para ulama dalam menjaga agama, nusa dan bangsa. Kami juga nantinya siap untuk menjadi benteng NU mengawal dan menjaga para kiai dan NKRI,” jelasnya.

 

KH Zainudin Zuhri dari Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Jelbuk menyampaikan terima kasih dan bersyukur atas dibukanya kembali Pagar Nusa.

 

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada kalian semua karena telah menghidupkan kembali Pagar Nusa yang sempat vakum di kecamatan ini. Kalian akan jadi benteng dan mengawal, serta menjaga NU. Tetap semangat dan tata niat yang baik, selamat berjuang dan mengabdi kepada NU,” harapnya.

 

Ketua Pagar Nusa Darut Taqwa Bondowoso, Guz Rahmatullah menyampaikan bahwa anggota Pagar Nusa harus lebih mengutamakan akhlak. "Kalian sebagai anggota perguruan Pagar Nusa harus lebih mengutamakan akhlak, jangan sampai sombong terhadap ilmu yang kalian miliki," jelasnya.

 

Dirinya juga berpesan tetap menjaga persatuan dan berpegang kepada tali persaudaraan jangan sampai bercerai berai.  “Jangan sampai tengkar apalagi sampai bentrok, tetap gunakan akhlak yang baik. Jika ada masalah, selesaikan dengan musyawarah jangan sampai melakukan kekerasan,” ungkapnya.

 

Acara diakhiri dengan pembukaan secara simbolis Perguruan Pagar Nusa yang ditandai dengan pembacaan basmalah kemudian pelepasan dua ekor merpati. Turut hadir pengurus MWCNU Jelbuk, Pagar Nusa Jember, Bondowoso, Karang Taruna setempat, IPNU-IPPNU serta segenap pendekar Pagar Nusa.

 

Penulis: Mohammad Haris

 

 

PWNU Jatim Harlah