Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Dorong Pelajar NU Tingkatkan Kaderisasi, IPNU-IPPNU Sumenep Gelar Turba

Dorong Pelajar NU Tingkatkan Kaderisasi, IPNU-IPPNU Sumenep Gelar Turba
Pamflet Turba Kaderisasi PC IPNU-IPPNU Sumenep. (Foto: NOJ/Firdausi).
Pamflet Turba Kaderisasi PC IPNU-IPPNU Sumenep. (Foto: NOJ/Firdausi).

Sumenep, NU Online Jatim

Pengurus Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Sumenep melakukan Turun ke Bawah (Turba) Kaderisasi di tiga titik.

 

Ketua PC IPNU Sumenep, Zaynollah menjelaskan, bahwa Turba tersebut sebagai upaya sinkronisasi sistem kaderisasi yang terukur, terstruktur, dan satu komando dari berbagai tingkatan.

 

“Mulai tingkatan cabang hingga tingkatan ranting atau pun komisariat,” ucapnya kepada NU Online Jatim.

 

Turba tersebut dimulai pada Ahad (06/06/2021) yang menyasar kader di wilayah utara atau zona 1, yaitu Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ambunten, Dasuk, Kota, Manding, Pasongsongan, Rubaru, dan Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKT) Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Tarate. Acara tersebut dipusatkan di kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Ambunten.

 

Dalam kesempatan ini, Moh Fajar Siddiq selaku Wakil Sekretaris II PC IPNU Sumenep mengatakan, bahwa pengurus PC mewajibkan Pimpinan Ranting (PR) dan Pimpinan Komisariat (PK) untuk melaksanakan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta). Hal ini sebagai efektivitas atas program yang telah direncanakan.

 

"Sedangkan PAC, harus melaksanakan Latihan Kader Muda (LAKMUD), kemudian melanjutkannya ke Latihan Instruktur (LATIN) dan Latihan Kader Utama (LAKUT) yang dilaksanakan oleh PC," harapnya.

 

Dirinya melanjutkannya, seluruh PAC hendaknya melaporkan hasil dari proses kaderisasinya. Agar bisa dievaluasi dan dikontrol olej PC terkait kendala yang dihadapinya.

 

"Ingat, melakukan pengkaderan merupakan bagian demi keberlangsungan organisasi pelajar Nahdlatul Ulama ini. Proses perjuangan tersebut harus dijalani dengan ikhlas demi mensyiarkan Islam Ahlussunah wal Jamaah," tandas mahasiswa aktif di Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (Instika) Guluk-Guluk itu.

 

Serangkaian turba kaderisasi ini kemudian akan dilanjutkan ke zona 2 pada tanggal 11 Juni 2021. Meliputi kepengurusan di wilayah selatan, yaitu PAC Pragaan, Bluto, Saronggi, Lenteng, Ganding, Guluk-Guluk, Gili Genting, dan Giliraja.

 

Terakhir zona 3 di wilayah timur pada tanggal 13 Juni 2021, yaitu PAC Batang-Batang, Batuputih, Dungkek, Gapura, Kalianget, Talango, Nonggunong.

 

Editor: A Habiburrahman

F1 Bank Jatim  Syariah 17/9