• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 26 April 2024

Tapal Kuda

Muslimat NU di Probolinggo Sambut Ramadlan dengan Doa Bersama

Muslimat NU di Probolinggo Sambut Ramadlan dengan Doa Bersama
Doa bersama dan istighotsah PAC Muslimat NU Mayangan, Kota Probolinggo. (Foto: NOJ/Ade Nurwahyudi)
Doa bersama dan istighotsah PAC Muslimat NU Mayangan, Kota Probolinggo. (Foto: NOJ/Ade Nurwahyudi)

Probolinggo, NU Online Jatim

Sejumlah kegiatan dilaksanakan menjelang bulan suci Ramadlan. Hal tersebut sebagaimana dilakukan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat NU Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Yang dilakukan adalah dengan menyelenggarakan doa bersama dan istighotsah.

 

Kegiatan yang berlangsung di pendopo kecamatan setempat pada Sabtu (03/04/2021) tersebut dengan melibatkan Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

 

Ketua PAC Muslimat NU Kecamatan Mayangan, Hj Siti Saudah mengatakan bahwa kegiatan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadlan 1442 hijriah. Acara juga bersinergi dengan sejumlah ibu dari TP PKK  yang dipimpin ibu camat sendiri.

 

"Kita hadir dalam kegiatan ini dalam kemandirian tidak ada paksaan  dan juga merupakan program tahunan Muslimat NU untuk menyambut bulan suci," katanya.

 

Dikemukakan bahwa penyambutan bulan suci Ramadlan harus dengan senang dan bahagia. Hal tersebut agar dapat terlepas dari api neraka sebagaimana dijelaskan dalam hadits.

 

“Tujuan kegiatan ini untuk menjalin kerja sama antara pengurus Muslimat NU bersama tim pengerak,” jelasnya.

 

Karena itu dirinya berharap kepada kader, termasuk pengurus Muslimat NU di bulan Ramadlan untuk mengisi dengan ngaji dan bersama TP PKK.

 

“Kita juga berharap semoga dengan digelarnya doa bersama ini virus Corona segera berakhir dan semua dapat beraktivitas normal kembali sedia kala, seperti anak-anak bisa sekolah kembali,” harapnya.

 

Ketua TP PKK Kecamatan Mayangan, Reni Windi Astuti bangga dengan terselenggaranya kegiatan ini. Dan acara sebagai salah satu impian sejak dulu karena organisasi perempuan memang sepatutnya saling mendukung dan bekerja sama.

 

"Jadi kita tidak ada perbedaan ini kegiatan PKK, Muslimat NU, Fatayat NU, bahkan mungkin kegiatan Aisiyah yang semuanya sama," ucapnya.

 

Dikemukakan bahwa tujuan dalam kegiatan adalah menguatkan keluarga terkecil, lebih luas lagi untuk lingkungan, bangsa dan negara.

 

"Sehingga tidak terkotak-kotak semua menjadi satu untuk menyukseskan program pemerintah," katanya.

 

Kegiatan dihadiri Pimpinan Ranting (PR) Muslimat NU se-Kecamatan Mayangan, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU). Demikian juga kepala Kantor Urusan Agama (KUA), serta sejumlah ibu lurah di kawasan setempat.

 

Selama kegiatan berlangsung tetap mematahui protokoler kesehatan dengan memakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak. 

 

Editor: Syaifullah


Editor:

Tapal Kuda Terbaru