Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Pasien Covid-19 Meningkat, Satgas NU Pasuruan Gelar Pelatihan bagi Komunitas

Pasien Covid-19 Meningkat, Satgas NU Pasuruan Gelar Pelatihan bagi Komunitas
Training of Trainer Satgas Covid-19 untuk komunitas oleh PCNU Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/Makhfud S)
Training of Trainer Satgas Covid-19 untuk komunitas oleh PCNU Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/Makhfud S)

Pasuruan, NU Online Jatim

Jumlah pasien positif virus Corona di Kabupaten Pasuruan terus meningkat. Hal ini membuat Tim Satuan Petugas (Satgas) Covid-19 semakin aktif dalam mensosialisasikan pentingnya mematuhi protokol kesehatan. Salah satunya dengan kembali mengadakan Training of Trainer Satgas Covid-19 untuk komunitas.

 

Sebanyak 15 peserta yang mewakili komunitas masing-masing mengikuti pelatihan. Kegiatan dilangsungkan di Aula Rapat Graha Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan, Selasa (29/12/2020).

 

“Pelatihan sangat penting untuk diadakan karena melalui komunitas-komunitas nantinya akan lebih mudah dalam berkomunikasi dengan masyarakat sekitar,” kata H Saiful Anam Halim.

 

Ketua Satgas Covid-19 PCNU Kabupaten Pasuruan tersebut menjelaskan dengan melibatkan komunitas akan menjangkau masyarakat lebih luas. “Sehingga penyampaian informasi khususnya tentang kesadaran mematuhi protokol kesehatan Covid-19 akan jauh lebih efektif,” jelasnya.

 

Dijelaskannya tujuan bagaimana nantinya Tim Satgas Komunitas yang dibentuk dapat membantu mensosialisasikan dan mengajak masyarakat memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun. “Karena hal itu yang sampai hari ini paling efektif untuk mencegah penularan virus covid-19,” ujar Sekretaris PCNU Kabupaten Pasuruan tersebut.

 

Senada dengan Gus Saiful, M Subadar sebagai salah satu pemateri menjelaskan metode komunikasi persuasif dalam mengajak orang lain. Yakni untuk bersama mematuhi protokol kesehatan dengan cara yang baik dan benar.

 

“Cara komunikasi persuasif yang baik dapat membantu anggota komunitas kita sadar mematuhi protokol kesehatan,” ungkapnya. Karena disiplin protokol kesehatan merupakan cara yang paling efektif dalam pencegahan penyebaran virus Covid-19, lanjut alumnus Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) tersebut.

 

"Dengan terbentuknya Tim Satgas Covid-19 komunitas ini diharapkan dapat mengembalikan indikator wilayah Kabupaten Pasuruan kembali orange atau bahkan berwarna hijau kembali," tegas Gus Subadar.

 

Tim Satgas Covid-19 komunitas yang dibentuk itu dapat berkomunikasi dengan Tim Satgas Covid-19 PCNU Kabupaten Pasuruan. Selanjutnya melaporkan kegiatan sosialisasi yang diadakan di wilayahnya masing-masing melalui nomor WhatsApp yang telah dibagikan di penghujung acara.

 

Editor: Syaifullah

Iklan promosi NU Online Jatim