Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Presiden Jokowi Apresiasi Langkah Pemuka Agama Hadapi Pandemi

Presiden Jokowi Apresiasi Langkah Pemuka Agama Hadapi Pandemi
Presiden RI Joko Widodo, saat sambutan peringatan malam 1 Muharram 1443 H yang digelar Unisma. (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki).
Presiden RI Joko Widodo, saat sambutan peringatan malam 1 Muharram 1443 H yang digelar Unisma. (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki).

Malang, NU Online Jatim

Presiden Republik Indonesia, H Joko Widodo atau Jokowi mengapresiasi langkah para pemuka agama dalam memanjatkan doa keselamatan bangsa sesuai keyakinannya masing-masing. Kala tidak henti-hentinya memanjatkan doa dan melakukan ikhtiar batin untuk keselamatan bangsa dan negara.

 

“Saya sangat mengapresiasi langkah para masyayikh, ulama, kiai, habaib dan juga kepada para pimpinan umat agama lainnya,” ujarnya saat sambutan dalam peringatan malam 1 Muharram 1443 H bertajuk ‘Unisma Malang bersama Masyayikh Mengetuk Pintu Langit Istighotsa dan Doa Tolak Bala’ untuk Keselamatan Bangsa’ yang digelar virtual, Senin (09/08/2021) malam.

 

Dikatakan oleh Jokowi, bahwa kesadaran bersama dalam menghadapi wabah ini perlu ditingkatkan, utamanya kesadaran rela berkorban dalam membangun budaya hidup baru yang lebih bermanfaat dan produktif.

 

“Kesadaran masing-masing dari kita saat ini harus diperbaiki. Jangan sampai keingingan pribadi justru mencelakan orang lain,” tuturnya.

 

Presiden Jokowi menyebutkan, bahwa masa pandemi saat ini memberikan banyak sekali pelajaran berharga yang wajib direnungkan bersama. Karena perubahan atau hijrah bukan berarti suatu hal yang tidak baik.

 

“Hal ini sudah terbukti bahwa hijrahnya Rasulullah SAW dari Mekkah ke Madinah justru telah membawa perkembangan Islam yang pesat kala itu,” imbuhnya.

 

Ia menambahkan, pelajaran berharga dari perbedaan latar belakang sosial dan budaya justru menjadi kekuatan persaudaraan kaum Muhajirin dan Ansor dalam mensukseskan perjuangan dakwah Nabi. Maka, seyogyanya mencontoh hal tersebut dengan mematuhi aturan penerapan protokol kesehatan seperti halnya memakai masker, menjaga jarak, dan mengurangi mobilitas.

 

“Hal ini kita lakukan untuk kemaslahatan bersama dalam menghadapi wabah yang tak kunjung usai ini,” jelas Presiden Jokowi.

 

Pihaknya pun mengajak seluruh elemen bangsa untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah (persaudaraan umat Islam), ukhuwah wathaniyah (persaudaraan bangsa), dan ukhuwah basyariyah (persaudaraan umat manusia).

 

 

“Mari kita terus kembangkan budaya moderasi beragama, toleransi, inklusivitas, dan ta'awun. Sebarkan nilai-nilai Islam Rahmatan lil 'Alamin. Teladani akhlak Nabi dengan mengajarkan kebersamaan dan toleransi serta menghindari ujaran kebencian,” pungkas Jokowi.

 

Editor: A Habiburrahman


Editor:
F1 Promosi