Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Ribuan Santri Sukorejo Dapat Layanan Rapid Test Gratis di Sumenep

Ribuan Santri Sukorejo Dapat Layanan Rapid Test Gratis di Sumenep
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Sumenep, NU Online Jatim

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep memberikan layanan rapid test gratis kepada ribuan santri Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Asembagus, Situbondo yang ada di kabupaten ujung timur Pulau Madura tersebut. Layanan Rapid test gratis ini bisa didapatkan para santri di Puskesmas terdekat.

 

“Benar, tadi sudah saya setujui” kata Bupati Sumenep, Ahmad Fauzi dikutip suarajelata.com.

 

Fauzi menjelaskan, layanan rapid test gratis tersebut diberikan guna memberikan kemudahan kepada santri yang secara ekonomi menengah ke bawah. Selain itu, hal sebagai bentuk penghormatan Pemkab Sumenep terhadap santri yang menuntut ilmu.

 

Adapun ribuan santri ini akan berangkat ke pesantren sesuai jadwal pemberangkatan yang sudah ditentukan. Gelombang pertama pemberangkatan yakni tanggal 19 Mei 2021 sedangkan tanggal 21 Mei 2021 untuk gelombang kedua.

 

Ketua Ikatan Santri dan Alumni Salafiyah Syafi’iyah (IKSASS), Rayon Sumenep, Imam Mawardi menyampaikan, jumlah santri asal Sumenep yang akan berangkat ke pondoknya di Sukorejo sekitar 1.654 orang. Seluruh santri akan mengikuti rapid test antigen dan GeNose sebelum berangkat ke pondok.

 

Rapid test gratis untuk ribuan santri tersebut akan dilakukan secara bertahap, yakni terhitung sejak hari Rabu-Kamis, tanggal 19 – 20 Mei 2021. “Rapid akan dilakukan berbasis puskesmas. Yaitu setiap santri akan dilayani oleh puskesmes di daerah domisili santri yang akan melakukan arus balik tersebut,” kata Mawardi, Selasa (18/05/2021).

 

 

Sementara untuk pemberangkatan gelombang pertama terdiri dari klaster Ustadz/Ustadzah dengan titik kumpul di Sekretariat IKSASS. Sedangkan arus balik gelombang kedua terdiri dari klaster santri dengan titik kumpul di Stadion Ahmad Yani Sumenep.


Editor:
F1 Bank Jatim