Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Santri di Pulau Mandangin Sampang Diasah Lewat MHQ-MTQ

Santri di Pulau Mandangin Sampang Diasah Lewat MHQ-MTQ
Salah satu santri peserta MHQ-MTQ di Pulau Mandangin, Kabupaten Sampang, Madura. (Foto: NOJ/Fahromi Nashihuddin)
Salah satu santri peserta MHQ-MTQ di Pulau Mandangin, Kabupaten Sampang, Madura. (Foto: NOJ/Fahromi Nashihuddin)

Sampang, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Mandangin, Kabupaten Sampang, Madura, sukses menggelar acara Musabaqoh Hifdzil Qur'an (MHQ) dan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) untuk santri Madrasah Diniyah dan mushalla se Pulau Mandangin, Ahad (12/09/2021).

 

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara yang didukung dan difasilitasi oleh Bina Mercusuar Bahari (BMB) sebagai pendamping Corporate Social Responsibility (CSR) Husky CNOOC Madura Limited (HCML) Mandangin.

 

Masady, Ketua PAC GP Ansor Mandangin, mengatakan kegiatan itu merupakan rangakaian lomba dari olimpiade sains matematika, bahasa Indonesia, dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang diikuti perwakilan santri Madrasah Diniyah dan mushala di Mandangin.

 

"Sebelumnya diselenggarakan lomba olimpiade mapel matematika, bahasa Indonesia dan IPS yang berlokasi di MI Sirojul Mustofa Mandangin, saat ini lomba MHQ dan MTQ bagi santri di MD dan mushala," kata Masady.

 

Dengan adanya lomba tersebut menjadi langkah nyata dalam upaya meningkatkan semangat belajar santri menjadi seorang penghafal Al-Qur’an yang hebat di masa yang akan datang.

 

"Tujuannya supaya santri-santri baik yang ada di MD maupun mushala agar siap tampil dan berprestasi dalam ajang apa pun, khususnya di lomba baca Al-Qur’an," ujar Masady.

 

Sementara itu, Muhammad Yanto, ketua pelaksana lomba MHQ dan MTQ se Pulau Mandangin mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak yang terlibat dalam mensukseskan acara tersebut.

 

Dia menjelaskan, ada sebanyak 20 santri yang ikut serta dalam kegiatan tersebut. Mereka berasal dari, di antaranya, MD Tajul Ulum, Miftahul Ulum, Raudlatus Salafiyah, Al-Mubarok, Miftahul Ulum Al-Muawanah, dan beberapa madrasah diniyah lainnya di Pulau Mandangin.

 

"Lomba MHQ khusus mushala yang punya santri penghafal Al-Qur’an dengan hafalan di juz satu, lima, dan 30," katanya.

 

Penulis: Fahromi Nashihuddin

 

Editor: Nur Faishal


Editor:
F1 Bank Jatim