• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 14 April 2024

Parlemen

DPRD Surabaya Apresiasi Pembangunan RS Surabaya Timur: Impian Lama

DPRD Surabaya Apresiasi Pembangunan RS Surabaya Timur: Impian Lama
Ground Breaking pembangunnan RS Surabaya Timur dihadiri pejabat Pemkot dan DPRD Kota Surabaya. (Foto: NOJ/ A Toriq A)
Ground Breaking pembangunnan RS Surabaya Timur dihadiri pejabat Pemkot dan DPRD Kota Surabaya. (Foto: NOJ/ A Toriq A)

Surabaya, NU Online Jatim

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus berupaya melakukan pemerataan pelayanan kesehatan di Kota Pahlawan. Salah satunya dengan pembangunan Rumah Sakit (RS) di Surabaya Timur.

 

Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya, Laila Mufidah mengapresiasi terwujudnya RS Surabaya Timur. Menurutnya, hal tersebut tidak hanya makin mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat, tetapi juga sebagai ikhtiar agar warga Surabaya mendapatkan layanan kesehatan terbaik dengan keberadaan rumah sakit modern.

 

"Saya hadir dalam ground breaking pada Kamis (05/10/2023) kemarin. Ini impian lama saya bersama masyarakat Surabaya, utamanya Surabaya Timur agar mendapatkan layanan kesehatan terbaik," kata Laila Mufidah, Senin (10/10/2023).

 

Laila bersama anggota DPRD Surabaya yang lain sudah lama mendorong agar layanan dasar di bidang kesehatan harus merata. Menurutnya, Kota Surabaya dengan penduduk sekitar 3 juta dan 31 kecamatan selama ini hanya memiliki dua RSUD milik Pemkot, yakni RSUD Bhakti Dharma Husada (BDH) dan RSUD Soewandhie.

 

“Sementara dua RSUD tersebut lokasinya di Surabaya Barat dan Surabaya Utara, dan kurang terjangkau bagi warga di Surabaya Timur atau Selatan,” ucapnya.

 

Laila pun berkisah bahwa sekitar 10 tahun lalu, dirinya bersama anggota DPRD yang lain mendesak agar layanan kesehatan makin merata dan mendekatkan kepada masyarakat. Hal demikian penting karena sudah saatnya setiap wilayah Surabaya terjangkau dengan layanan kesehatan terbaik.

 

"Saya masih anggota Komisi D dulu. Banyak warga di wilayah Surabaya Timur sambat kalau harus dirawat, lebih senang kalau tempat rawat tidak jauh-jauh. Akhirnya saya bersama anggota DPRD yang lain terus mendorong Pemkot merealisasikan impian bersama tersebut,” terangnya.

 

Ia menyebutkan, pada dasarnya di seluruh kecamatan sudah ada Puskesmas dengan layanan terbaik. Namun, dengan hadirnya RS Surabaya Timur ini nantinya akan lebih menjamin masyarakat saat mendapat masalah kesehatan serius.

 

Sebagai wakil rakyat yang mewakili wilayah  Surabaya Timur dirinya merasakan sendiri akan manfaatnya pusat layanan kesehatan tersebut. Sebab itu, inilah waktu yang tepat bagi Pemkot Surabaya memberikan layanan kesehatan modern dengan fasilitas lengkap dan gedung nyaman kepada warga.

 

"Saya menyaksikan desain dan gambarnya. Gedung delapan lantai itu berkapasitas terusan bed. Namun harus ingat bahwa layanan kesehatan bukan hanya gedung  dan fasilitas modern hingga keilmuan, tapi juga keramahan," kata Laila.

 

Laila memberi apresiasi khusus kepada Pemkot Surabaya. Dirinya juga akan support terus agar impian layanan kesehatan terbaik itu makin meningkat. RS modern itu dibangun dengan tipe C dan akan dikembangkan menjadi tipe B.

 

Pihaknya pun meminta agar warga Surabaya Timur dan sekitarnya juga harus dilibatkan dalam proyek pembangunan agar mendapat pekerjaan. “Begitu juga saat RS itu telah jadi, rekrutmen pegawai juga bisa memberi kuota khusus bagi warga sekitar yang berada di Surabaya Timur,” tandasnya.


Parlemen Terbaru