Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Solidaritas Doa untuk Keselamatan Kapal Selam KRI Nanggala 402 Terus Mengalir

Solidaritas Doa untuk Keselamatan Kapal Selam KRI Nanggala 402 Terus Mengalir
Kader Ansor-Banser saat doa bersama di halaman Kantor PCNU Banyuwangi, Kamis (22/04/2021) malam. (FOto: NOJ/ Vina)
Kader Ansor-Banser saat doa bersama di halaman Kantor PCNU Banyuwangi, Kamis (22/04/2021) malam. (FOto: NOJ/ Vina)

Banyuwangi, NU Online Jatim

Pembacaan surat Yasin dan istightosah dilaksanakan di kediaman Berda Asmara, istri Serda Mes Guntur Ari Prasetyo, Teknisi Mesin Kapal Selam KRI Nanggala 402, Kamis (22/04/2021) malam. Selain itu, pembacaan tahlil juga dilangsungkan di rumah tersebut, tepatnya di Jalan Pulo Tegalsari, Surabaya.

 

Lalu Endrajani, tetangga Berda mengatakan, doa bersama ini merupakan bentuk solidaritas antar tetangga. Rencananya, gelaran ini akan dilaksanan rutin setiap setelah tarawih hingga kapal selam KRI Nanggala 402 ditemukan.

 

"Doa bersama ini sebagai bentuk kepedulian sesama tetangga mendoakan semoga awak kapal selam KRI Nanggala 402 selamat," ungkapnya.

 

Doa dari Nahdliyin Banyuwangi

Keprihatin juga dirasakan nahdliyin di Kabupaten Banyuwangi. Sehingga doa bersama juga dilaksanakan di lokasi Bazar Ansor (Bazor) hybrid Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Banyuwangi.

 

Acara yang bertempat di halaman kantor PCNU Banyuwangi ini di gelar pada hari kamis (22/4/2021) dari pukul 15.00 sampai 22.00 WIB.

 

“Bazor yang berlangsung selama 20 hari, malam ini bekerja sama dengan Lesbumi dan Maiyakustic Banyuwangi. Tetapi karena ada musibah KRI Nanggala 402 ini sehingga kami khususkan malam ini menggelar doa bersama untuk keselamatan para prajurit TNI AL yang ada di dalam kapal tersebut,” kata Sufyan Ahda Alex, Ketua Panitia Bazor.

 

Besar harapan Ansor, Lesbumi dan Maiyakustik Banyuwangi untuk keselamatan sejumlah anggota TNI AL yang sedang kehilangan kontak tersebut.

 

“Musibah KRI Nanggala 402 adalah musibah kita semua. Kami dari Ansor dan Lesbumi turut berduka dan berharap semua awak dan kru KRI Nanggala 402 diberikan keselamatan. Melalui doa bersama ini juga kami berharap kapal selam tersebut bisa ditemukan,” tambahnya.

 

Pada acara tersebut, selain berdoa bersama ada penampilan kidung Ramadlan seperti akustik, musikalisasi puisi dan shalawat untuk memeriahkan Bazor dan menghibur pengunjung yang datang.

 

 

“Momentum Bazor kali ini kami jadikan sebagai silaturrahim dan kerja sama dengan lembaga, banom dan pihak terkait juga sebagai kepedulian kami terhadap sesama,” ungkapnya.

 

Editor: Romza

PWNU Jatim