Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

IPPNU Bojonegoro Optimalkan Peran Media Lewat Pelatihan Desain Grafis

IPPNU Bojonegoro Optimalkan Peran Media Lewat Pelatihan Desain Grafis
Pelatihan desain grafis IPPNU Bojonegoro. (Foto: NOJ/Luluk)
Pelatihan desain grafis IPPNU Bojonegoro. (Foto: NOJ/Luluk)

Bojonegoro, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Bojonegoro bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) untuk menggelar Workshop Design Grafis. Kegiatan ini berlangsung di gedung Pelayanan Informasi Publik (PIP) Bojonegoro, Minggu (31/01/2021). Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini, diikuti oleh kader IPPNU dari sejumlah Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan Pimpinan Komisariat (PK) di Bojonegoro.

 

Menurut keterangan Siska Dwi Indrawati, salah satu panitia mengatakan, sesuai syarat ketentuan yang sudah tertera di pamflet, kegiatan ini dibatasi 20 peserta. Pembatasan jumlah peserta itu tidak lain untuk mematuhi protokol kesehatan di situasi yang masih pandemi.

 

"Selain itu, alasan pembatasan kuota ini agar pelatihan lebih fokus dan mendalam. Tidak hanya sekedar seremonial saja. Sehingga nanti diharapkan setelah pelatihan ini selesai ada output dari peserta untuk berkontribusi di PC IPPNU Bojonegoro, serta dikembangkan di daerahnya masing-masing," katanya.

 

Sementara itu, Ketua PC IPPNU Bojonegoro, Ridaul Bariroh menjelaskan, adanya pelatihan desain grafis ini merupakan bentuk pemberdayaan kader melalui optomalisasi digital. Pesatnya digitalisasi di berbagai sektor, harus bisa dimanfaatkan pula untuk menggerakan roda organisasi. Sosial media adalah salah satunya, dan pendukung branding di sosial media adalah dengan menggunakan desain grafis.

 

"Sosial media sudah menjadi konsumsi sehari-hari, dan desain grafis menjadi jalan untuk mengembangkan sosial media itu. Tapi tidak banyak dari kalangan IPPNU yang ikut berkecimpung dalam hal desain grafis, padahal beberapa dari mereka sebenarnya mampu untuk mengasah kemampuannya untuk mendesain," jelas Rida.

 

Dengan demikian, adanya pelatihan desain grafis ini bisa menjembatani kader IPPNU yang ingin mengembangkan dan mendalami desain grafis. Sehingga IPPNU juga bisa berkontribusi untuk mengembangkan sosial media di daerahnya masing-masing.

 

"Pelatihan ini diharapakan mampu membuat kader-kader IPPNU paham pentingnya mengikuti arus teknologi terlebih dalam bidang desain grafis. Dan tidak hanya berhenti disini saja, selain untuk menjaring para desain grafis dari IPPNU Bojonegoro, pelatihan ini akan ada tindak lanjutnya, dan terus dikembangkan hingga bisa mencetak kader-kader yang mahir di bidang desain grafis," pungkas Rida.

 

 

Penulis: Luluk Ni'matul Rohmah

Editor: Risma Savhira

PWNU Jatim