Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Jaga Prokes, Simulasi Haul Mbah Hamid Pasuruan Digelar

Jaga Prokes, Simulasi Haul Mbah Hamid Pasuruan Digelar
Gus Ipul dan Gus Amak saat simulasi persiapan Haul Mbah Hamid Pasuruan. (Foto: NOJ/Mokh Faisol)
Gus Ipul dan Gus Amak saat simulasi persiapan Haul Mbah Hamid Pasuruan. (Foto: NOJ/Mokh Faisol)

Pasuruan, NU Online Jatim

Haul KH Abdul Hamid atau Mbah Hamid akan digelar pada Sabtu (16/10) mendatang. Agar protokol kesehatan diterapkan, Pemerintah Kota Pasuruan siap membantu pelaksanaan haul. simulasi pun digelar pada Rabu (13/10) di dua lokasi, yakni Terminal Bus Blandongan dan lokasi haul di Pesantren Salafiyah.

 

Simulasi di Terminal Blandongan dilakukan saat datangnya rombongan bus peserta haul dan langsung diarahkan ke lokasi parkir. Sedangkan para peserta haul langsung disambut petugas, dilakukan cek suhu tubuh, serta scan barcode aplikasi PeduliLindungi.

 

Syaifullah Yusuf alias Gus Ipul selaku Wali Kota Pasuruan mengatakan, pihaknya juga menyiapkan seluruh kantor kelurahan, kecamatan, dan masjid-masjid besar di Kota Pasuruan untuk jamaah dengan menyediakan proyektor yang akan menayangkan secara langsung prosesi haul.

 

"Pemerintah Kota Pasuruan siap membantu menjadi tuan rumah pelaksanaan haul KH Abdul Hamid," ujarnya.

 

Gus Ipul berharap pelaksanaan haul kali ini bisa berjalan baik dengan protokol kesehatan. “Semua jamaah menyadari situasinya, tidak mengabaikan prokes. Maka yang datang harus dengan persiapan yang baik. Kalau bisa juga sudah vaksin. Mari kita semua ikut menciptakan suasana prokes, sehingga kita bisa jadi contoh bagaimana majelis haul berjalan tapi semuanya menyadari pentingnya prokes,” tandasnya.

 

Sementara itu, Gus H M Nailur Rohman atau Gus Amak selaku Ketua PCNU Kota Pasuruan mengatakan bahwa semua panitia dan keluarga saat ini sudah divaksin dua kali. Keluarga juga telah menyediakan handsanitizer yang akan dibagikan ke seluruh undangan yang hadir.

 

"Rangkaian haul kali ini akan dimulai dengan Maulid Hasby kemudian temu alumni, khotmil qur’an, dan puncak Haul akan digelar pada Sabtu (16/10) pagi," kata Ketua Pesantren Bayt Al-Hikmah itu.

 

Penulis: Mokh Faisol


Editor:
F1 Bank Jatim Syariah (6/12)