Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Safari Ramadlan, ISNU Bojonegoro Sasar Masjid

Safari Ramadlan, ISNU Bojonegoro Sasar Masjid
Safari Ramadlan yang diadakan PC ISNU Bojonegoro. (Foto: NOJ/ M Yazid)
Safari Ramadlan yang diadakan PC ISNU Bojonegoro. (Foto: NOJ/ M Yazid)

Bojonegoro, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kabupaten Bojonegoro terus menguatkan kader sarjana Nahdlatul Ulama (NU). Termasuk mengadakan safari Ramadlan ke kecamatan-kecamatan di Bojonegoro untuk mengembalikan peradaban masjid.

 

Ketua PAC ISNU Kecamatan Balen, Abdul Ghoni Asror mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan mensukseskan acara. Sehingga kegiatan safari Ramadlan PC ISNU Bojonegoro bisa dilaksanakan di masjid Al-Ishlah Desa Bulu, Balen, Bojonegoro.

 

"Sengaja dilaksanakan di masjid sesuai instruksi ketua PC ISNU Bojonegoro. Karena di masjid, ISNU bisa bersinergi dan dekat dengan masyarakat. Serta terbukti respons takmir dan masyarakat sangat luar biasa," terang pria yang juga dosen IKIP PGRI Bojonegoro itu, saat menerima safari Ramadhan PC ISNU Bojonegoro, Sabtu (01/05/2021).

 

Sementara itu, Sekretaris Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Balen, Hizbullah mengapresiasi kader NU yang tergabung dalam ISNU beranggotakan sarjana NU. Pasalnya melalui ISNU, bisa menemukan jati diri dan menambah energi untuk MWCNU Balen.

 

"Kedepan menyembunyikan Aswaja di Kecamatan Balen. Semakin lebih eksis kedepannya," jelasnya.

 

Pak Bul, panggilan akrab Hizbullah mengharapkan kedepan ISNU di Kecamatan Balen bisa mengakomodir sarjana NU di Kecamatan Balen yang dimungkinkan jumlahnya ribuan. Kalau jumlah warga di Kecamatan Balen sekitar 50 ribu, sepuluh persen mayoritas sarjana.

 

"ISNU di Kecamatan Balen diinventarisir sarjana NU, untuk mendistribusikan kader intelektual NU," harapnya.

 

Ketua PCNU Kabupaten Bojonegoro, Yogi Prana Izza mentargetkan seluruh PAC ISNU di Bojonegoro hidup semuanya. Setiap Ramadlan mengadakan safari ke PAC ISNU, seperti Ramadlan sekarang di Kecamatan Balen, kemarin sudah ke Kecamatan Trucuk dan besok safari di PAC ISNU Kecamatan Ngasem. "Potensi sarjana NU yang luar biasa untuk membesarkan jam'iyah NU," ungkapnya.

 

Disampaikan Pak Yogi, kalau dahulu ISNU sebutannya di kecamatan PWC, sekarang berubah sebutannya PAC. Selain itu yang mengeluarkan SK PAC dari PW ISNU Jawa Timur dan rekomendasi dari PC ISNU.

 

Melalui safari Ramadlan PC ISNU Bojonegoro, sengaja dilakukan di masjid-masjid, karena pusat peradaban pertama di masjid dan sudah berlangsung sejak Rasullullah. "Sarjana NU kalau jauh dari masjid, tidak pantas," jelasnya.

 

Dosen UNUGIRI Bojonegoro tersebut menambahkan, penguatan kader terus dilakukan di sektor beberapa kemandirian. Seperti kemandirian spiritual dengan pengajian di masjid yang sekarang sudah ada 10 tempat. Sekaligus kemandirian intelektual melalui diskusi dan seminar terkait isu-isu update.

 

"Kemandirian ekonomi juga dilakukan PC ISNU Bojonegoro agar berusaha diatas kaki sendiri. Sehingga ISNU Bojonegoro berdaya secara individu dan organisasi," pungkasnya.

 

 

Tampak safari Ramadlan PC ISNU Bojonegoro selain buka puasa bersama, juga diadakan santunan anak yatim dan mewakafkan tempat sampah serta Al-Qur'an. Sekaligus ta'aruf seluruh pengurus PAC ISNU Kecamatan Balen.

 

Editor: Romza

F1 Promosi Iklan