Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Sehari, Nyaris Seribu Santri Nurul Jadid Paiton Antusias Ikuti Vaksinasi

Sehari, Nyaris Seribu Santri Nurul Jadid Paiton Antusias Ikuti Vaksinasi
Vaksinasi yang diikuti santri Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo, Rabu (22/09/2021). (Foto: Istimewa).
Vaksinasi yang diikuti santri Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo, Rabu (22/09/2021). (Foto: Istimewa).

Probolinggo, NU Online Jatim

Ratusan santri Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo mengikuti program serbuan vaksin 1000 dosis jenis Sinovac, Rabu (22/09/2021). Selain santri, puluhan warga sekitar juga mengikuti vaksinasi yang didukung Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) tersebut.

 

Serbuan vaksin tersebut dilaksanakan guna mempercepat proses kekebalan kelompok (Herd Immunity) masyarakat Indonesia khususnya para santri. Selain itu, kegiatan ini juga rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut ke-76 Tahun 2021.

 

Berdasarkan data yang dihimpun, peserta vaksinasi terdaftar 544 santriwan, 400 santriwati dan 56 masyarakat sekitar. Vaksinasi ini terpusat di Aula 1 Pondok Pesantren Nurul Jadid.

 

Kodiklatal menerjunkan sekitar 43 tenaga kesehatan (vaksinator) yang dibagi di dua tempat yaitu area layanan putra di bagian barat dan putri di bagian timur. Tenaga Kesehatan Kodiklatal berasal dari para prajurit Satuan Kesehatan (Satkes) dan siswa Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikkes) Kodikdukum, serta melibatkan tim medis dari Dinkes Kabupaten Probolinggo.

 

Kepala Pondok Pesantren Nurul Jadid, KH Abd Hamid Wahid menyampaikan, serbuan vaksin ini merupakan serbuan yang menyenangkan karena pada umumnya serbuan itu menakutkan.

 

“Serbuan ini adalah serbuan yang menyenangkan karena pada umumnya serbuan itu menakutkan. Mungkin karena istilah ini digunakan oleh TNI. Namun karena ini serbuan vaksin yang memberikan manfaat maka hal ini menjadi menyenangkan,” ungkapnya dalam sambutan.

 

Ia juga mengungkapkan rasa bahagia dan bangganya bisa ikut bersama-sama sebagai bagian dari masyarakat dan bangsa Indonesia, bahwa pesantren bisa mengusahakan supaya lebih cepat keluar dari pandemi Covid-19 ini dengan menciptakan kekebalan komunitas.

 

“Pesantren Nurul Jadid dan masyarakat sekitar merasa sangat terbantu dan berterima kasih kepada semua pihak, khususnya kepada Kodiklatal yang telah melakukan kegiatan serbuan vaksin pagi dan siang hari ini,” ungkap Kiai Hamid.

 

Sambutan hangat dan desain acara yang apik disiapkan oleh panitia Pondok Pesantren Nurul Jadid mendapatkan apresiasi dari Komandan kodiklatal Laksamana Madya Nurhidayat melalui Video Conference di depan seluruh peserta dan undangan yang hadir. “Di sana ada karpet merah, kursi dan ruangan yang begitu mewah, menunjukkan keseriusan dalam menyambut kedatangan kami,” kata Laksamana Madya TNI Nurhidayat.

 

Wakil Komandan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Agus Hariadi menyampaikan, serbuan vaksin maritim ini terdapat 1000 dosis. Ia juga menyatakan, pihaknya siap mendukung siapapun yang ingin vaksin baik dosis 1 maupun dosis 2 untuk santri dan masyarakat.

 

Kegiatan serbuan vaksinasi maritim ini dihadiri oleh Wadan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Agus Hariadi, para pejabat utama Kodiklatal, Dandim Probolinggo Letkol Arh Arip Budi Cahyono, dan Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi.

 

 

Kemudian pengasuh pesantren Nurul Jadid KH Moh Zuhri Zaini, Kepala Pesantren KH Abd Hamid Wahid, Wakil Kepala Pesantren KH Najiburrahman Wahid, Kepala Biro Pengembangan KH Faiz Ahz, Sekretaris Pesantren H Faizin Syamwil dan Direktur Klinik Az-Zainiyah Ny Hj Khodijatul Qodriyah.

 

Editor: Romza


Editor:
F1 Bank Jatim